Kurang lebih seminggu lagi,
setengah tahun adaptasi dan perjuangan tahap pertama di bangku kelas XI yang
lazim disebut kelas 2 SMA akan usai. Diakhiri dengan ulangan umum semester umum
yang nantinya akan ditutup dengan pembagian hasil belajar selama semester
pertama lalu dikemas rapi dengan libur akhir semester 1 sekaligus Hari Natal
dan Tahun Baru ini telah menorehkan banyak sekali kesan dan pengalaman yang
berasal dari peristiwa yang tak terlupakan. Mulai dari tuntutan penjurusan yang
mengharuskan angka 78 untuk mata pelajaran ilmu alam harus dicapai bahkan
diterobos hingga ke langit, hingga kesan – kesan terhadap masing – masing
pelajaran yang telah lalu. Salah satu pelajaran yang sangat berkesan dalam
segala aspek di tahun kedua saya menjajaki masa SMA di sekolah unggulan kota
Palangka Raya ini, adalah Fisika.
Kelas 2 SMA merupakan masa
pertengahan yang juga harus tetap diperhitungkan, bukan saja kelas 1 SMA karena
nantinya akan ada penjurusan, atau kelas 3 SMA yang ujungnya akan berhadapan
dengan nasib yang belum jelas warnanya. Di kelas 2 ini, banyak tantangan dan
tuntutan baru yang memang seharusnya sudah dipenuhi oleh siswa yang ingin
menjadi orang yang diakui dan berguna bagi orang banyak nantinya. Di tengah kebingungan
dan segala masalahnya, pelajaran fisika yang sejak dulu saya anggap pelajaran
yang rumit, disampaikan secara singkat, ringan namun sangat mengena ke intinya
dengan metode yang unik dan tak biasa, serta mengasah otak oleh seorang guru
yang enerjik, cerdas, dan tak membosankan. Beliau guru fisika yang bisa membawa
bidang ajarnya menjadi hal yang super menyenangkan dan salah satu hal yang
paling dinanti oleh anak didiknya.
Setiap kali masuk kelas dan
membagikan ilmunya dengan ikhlas dan penuh semangat, beliau selalu punya cara
yang berbeda setiap pertemuannya untuk menyampaikan materi yang harus kami
kuasai saat itu, mulai dengan bercerita tentang berbagai hal dan mimik yang
mengundang tawa, beliau mengajak kami untuk belajar dengan serius namun santai,
suasana kelas pun terasa hidup di setiap pelajarannya karena beliau. Tak hanya
bercanda dan bersenang – senang yang beliau tanamkan, beliau juga sangat
menanamkan nilai – nilai penting kehidupan dengan menyampaikannya langsung pada
kami. Setiap beliau bercerita, motivasi diri dan inspirasi seolah bangkit dari
diri kami masing – masing, beliau mengajarkan banyak hal yang kebanyakan guru
di luar sana mungkin lupa untuk menyampaikannya. Beliau punya tujuan mulia
untuk kami kelak, beliau ingin kami nantinya diterima di universitas favorit
sesuai dengan keinginan kami. Cara beliau membantu kami adalah dengan “ilmu
bumbu pecel” beliau. Semakin halus kacangnya ditumbuk akan menghasilkan bumbu
pecel yang lebih nikmat. Begitu juga harapan beliau terhadap kami anak didiknya
tahun ini, dan tahun – tahun mendatang, semakin di asah kemampuannya, akan
menghasilkan essence yang berupa siswa yang mempunyai kemampuan semakin baik
dan lebih baik lagi.
Berikut adalah beberapa moment candid saat pelajaran fisika Pak Rudy... ^_^ ketika ada quest untuk take photo bapak yang unique saat mengajar di sela pelajaran gerak melingkar ...
Serangakaian cara belajar interaktif lainnya adalah dengan membawa musik - musik ke dalam kelas sebagai selingan sambil belajar. Alhasil, kami ikut menikmati musik - musik yang dimainkan lewat laptop yang setia menemani Pak Rudy dalam setiap tugas beliau.
Beliau juga sering mengadakan tes atau ulangan harian untuk menguji kemampuan kami dalam menguasai pelajaran, sebelum itu, beliau pasti memberikan beberapa referensi belajar atau contoh soal yang bisa kami dapatkan untuk bahan latihan dan persiapan ulangan. Membuat kami lebih lama mengingat pelajaran yang telah diajarkan karena sering diulang - ulang.
Salah
satu cara lain yang beliau miliki adalah dengan mendedikasikan blog beliau
yaitu fisikarudy.com kepada seluruh anak didik yang pernah beliau bagikan ilmu
yang beliau miliki baik dulu maupun sekarang. Dalam blog tersebut, rasanya tak
ada materi yang tak beliau sampaikan dan disertakan referensinya secara lengkap
untuk menambah bahan belajar kami agar bisa memahami fisika hingga ke akarnya.
Tak hanya itu, berbagai macam cerita, pengalaman, tulisan tentang berbagai hal
mulai dari pengalaman beliau hingga kisah tentang kelas – kelas yang diajarnya
juga tak lupa beliau suguhkan dalam blognya tersebut. Juga kumpulan aktivitas
siswa tahun tahun sebelum kami yang dikelompokkan menjadi grup – grup tulisan
dan lainnya yang bisa menjadi bahan rujukan bagi kami bila ada tugas yang
serupa tak sama dari beliau.
Fisikarudy.com sangat membantu
kami sebagai siswa, dan saya rasa blog beliau tak hanya membantu kami, namun
juga orang lain di luar sana, karena di dalamnya terdapat berbagai macam informasi
fisika yang beliau satukan dari berbagai sumber. Blog beliau juga memotivasi
kami untuk lebih sering mengekspresikan diri kami lewat tulisan dengan menulis
seperti beliau di blog kami masing – masing, yang nantinya akan di tautkan
dengan blog beliau agar dapat bertukar cerita, dan informasinya. Beliau juga
mempersilahkan kami untuk lebih intens berkomunikasi dan melontarkan pertanyaan
– pertanyaan yang belum sempat kami tanyakan pada beliau di sekolah, lewat
jejaring sosial seperti twitter, dan grup khusus pelajar SMA 2 yang beliau ajar
di klub fisikarudy @ facebook. Dalam grup tersebut, semua pertanyaan,
informasi, atau bahkan sekedar celotehan anggota klub fisikarudy tertampung.
Benar – benar mempermudah kami sebagai siswa yang notabene adalah remaja untuk
bisa berkomunikasi dengan beliau di luar jam sekolah. Beliau selalu melakukan
hal yang berbeda dan lebih baik setiap tahun ajaran. Beliau menyebutnya sebagai
suatu inovasi.
Tahun ini, beliau memprakarsai
cara belajar unik dan ringkas terhadap materi gerak harmonik dengan membuat
lingkaran yang di dalamnya sudah berisi semua hal yang berkaitan dengan gerak
harmonik, yang kami buat dengan kreasi kami sendiri sehingga mudah untuk
dipahami, dan rupanya beliau sudah merencanakan hal ini sejak lama. Inovasi
lainnya yang beliau buat adalah dengan mengembangkan pelajaran Usaha dan Energi
menjadi sangat menarik untuk menambah pemahaman siswa tentang materi tersebut,
beliau mengajak kami untuk bermain sebuah permainan edukasi bernama
Electrocity,
dan membahasnya secara lengkap dalam kelas serta berbagi informasi
tentang permainan tersebut. Hal ini tentu menyegarkan pikiran dan membawa sudut
pandang positif terhadap pelajaran fisika itu sendiri. Karena tak hanya berisi
rumus, soal, dan soal, namun diselingi dengan inovasi – inovasi dan trik
belajar brilian dari beliau. Tak jarang beliau juga menerapkan beberapa
permainan sederhana yang bisa mengembalikan semangat anak didiknya yang sudah
mulai mengendur.
Inovasi terbaru beliau adalah mengembangkan klub
fisikarudy milik beliau dengan membuat identitas yang jelas berupa kaos member
klub fisikarudy sebagai identitas resmi kami yang nantinya juga akan bermanfaat
sebagai pengingat beliau akan kami, anak didik beliau jika sudah lulus nanti.
Beliau juga mempatenkan suatu logo klub fisikarudy berupa gambar windmill atau
kincir,
filsafat beliau sama seperti prinsip kincir itu sendiri, beliau ingin
fisikarudy, beliau, dan semua orang yang terlibat di dalamnya termasuk kami
anak didiknya tetap berputar, selalu bekerja, berinovasi, bergerak, berusaha
untuk mencapai sesuatu yang lebih baik, bahwa permulaan baik bisa dimulai di
titik mana saja sebagai poros, tak terbatas hanya di satu titik. Beliau juga
menambahkan kalau 5 baling – baling kincir dalam logo tersebut melambangkan 5
sila pancasila, dan segala hal yang berjumlah lima, hingga kami sempat
menyanyikan lagu balonku ada lima, mulai dari salah warna hingga akhirnya
selesai dinyanyikan dengan suara yang setengah dipaksakan namun dengan suasana
hangat nan ceria.
Banyak sekali kisah, kesan, dan tanggapan lain yang belum
sempat tertuang dalam bagian ini. Namun pada intinya, beliau telah merubah cara
pandang kami terutama saya pribadi terhadap fisika, hidup, dan segala
masalahnya. Beliau sosok panutan yang bisa di ambil ilmu dan pribadinya yang
terus berkembang ke arah perbaikan yang lebih sempurna. Pada akhirnya terimakasih
banyak pak, selama kurang lebih 6 bulan ini sudah bersedia meluangkan waktu,
energi, untuk membagikan semua hal yang luar biasa bermanfaat untuk kami,
apapun hasilnya yang kami dapat nanti kami sudah memetik hasil sebenarnya dari
pelajaran yang telah bapak berikan. Kami yakin itu bermanfaat untuk kami kelak.
belajar fisika kini dengan guru seperti bapak membawa kami lebih optimis dan bersemangat untuk bukan sekedar menjadi hebat, tapi bagaimana menjadi luar biasa. ^^
Thank You Mr. Rudy Hilkya, Thank you Physics, last but not least,
Thank’s a lot
to fisikarudy.com. ^_^
Our Beloved Physics Teacher >> Mr. Rudy Hilkya ^_^
0 komentar:
Posting Komentar