BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 04 Maret 2011

MENGAPA SAYA MALAS ?

Judul di atas sangat menggelitik saya untuk sedikit banyak membuka aib yang sebenarnya haram hukumnya di bicarakan, hehehe, tapi untuk sekedar berbagi kisah, siapa tahu ada yang sifatnya sama dengan saya atau mungkin lebih.
Sepertinya, akan lebih nyaman kalo judul di atas yang notabene adalah suatu jenis pertanyaan itu saya lengkapi dengan teman – teman 4W 1H nya, lalu akan saya jawab dengan gamblang dari lubuk hati terdalam... sumvah, ane zuzur ...
  1. Apa arti malas menurut saya ?
  2. Kapan biasanya rasa malas muncul dalam diri saya ?
  3. Dimana biasanya saya malas ? ( pertanyaan ini tidak ada jawabannya, karena malas bukan suatu tempat, tapi sifat. )
  4. Siapa yang malas ? ( berhubung saya sedang membicarakan diri saya sendiri, tentu anda sudah tahu siapa yang malas dalam konteks ini. )
  5. Bagaimana kalau rasa malas saya sedang timbul ?
Baik, saya akan jawab satu per satu menurut ilham yang saya dapat dari hasil bertapa di dalam kamar selama beberapa hari ini.
            Berbicara mengenai kata ‘malas’, tentu banyak sekali opini tentang makna dari kata malas itu sendiri.
            Seorang filsuf pernah berkata, “ Jangan khawatir dengan apa yang TIDAK BISA anda lakukan, namun anda patut khawatir dengan apa yang BISA anda lakukan, tetapi anda TIDAK melakukannya.
Dari pernyataan di atas, mungkin anda sudah mengerti dan paham betul arti tentang kata malas, saya pun begitu. Malas itu, ketika kita bisa melakukan suatu hal, namun kita enggan melakukannya, terutama yang bersangkutan dengan kewajiban.
Contoh sederhana, biasanya kita malas untuk mengerjakan tugas sekolah yang diberikan oleh guru – guru kita, karena bersifat wajib dan tidak mengasyikkan, kemudian, ketika berada di rumah, jangankan membantu orang tua, mengurus diri sendiri pun malas. Malas makan, malas belajar, malas membereskan kamar, malas mencuci baju sendiri, dan sebagainya. Namun, lain halnya ketika kita dihadapkan dengan koneksi internet terlancar di dunia, beragam situs jejaring sosial yang kebanyakan hanya untuk gaul semata, dan beribu permainan online tersedia di dalamnya, BOHONG, kalau kita tidak rajin soal ini. Itulah, maka malas bisa juga diartikan sebagai enggan melakukan hal yang tidak kita sukai.
Kembali ke diri saya sendiri. Saya termasuk orang yang tidak rajin pula. Seringkali saya sangat terbiasa menunda pekerjaan karena alasan malas semata, dan akhirnya harus mati – matian menyelesaikan tugas dengan berbagai cara, karena deadline sudah di depan mata. Saya juga terkadang malas untuk melakukan beberapa hal.
Banyak hal yang menyebabkan saya malas. Seperti yang sudah saya uraikan di atas, hal – hal yang menyebabkan saya malas, juga kadang – kadang karena saya tidak suka dengan orang yang memberi saya perintah, lalu, karena merasa hal itu tidak penting untuk dilakukan, atau karena terlalu memanjakan diri saya sendiri sehingga saya merasa diri saya tidak bisa untuk melakukannya, padahal saya belum mencoba. Banyak hal lain yang menyebabkan saya malas, namun tidak bisa diuraikan seluruhnya.
Ketika saya malas, biasanya suasana hati saya tidak bisa diajak kerja sama, atau istilahnya badmood. Semua jadi serba salah dan tidak kondusif. Saya jadi enggan melakukan apapun.
Itu sekilas tentang sifat malas pada diri saya, mungkin dari anda ada yang sama alasannya dengan saya atau mungkin lain ? Itulah manusia, beda kepala beda pemikiran. Sekian dulu dari saya, pelajar yang sampai saat ini masih berperang melawan salah satu sifat paling merugikan, MALAS.

0 komentar: